Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Woensdag, 20 Maart 2013

Revitalisasi Stasiun Purworejo

Revitalisasi Stasiun Purworejo

 

Stasiun Purworejo yang terletak di wilayah DAOP 5 Purwokerto ini termasuk salah satu Stasiun Cagar Budaya yang ditetapkan  oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah dengan nomer inventarisasi 11-06/PWO/TB/36. Terletak di Jl. Mayjend Sutoyo Purworejo, Stasiun ini juga merupakan salah satu stasiun terminus atau stasiun akhir yang terletak di ujung timur lintas DAOP 5 Purwokerto.
Stasiun ini dibangun oleh Perusahaan Kereta Api Negara Staatsspoorwagen (SS), Stasiun Purworejo adalah merupakan warisan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1887. Pemerintah Kolonial Belanda saat itu sengaja membangun rel kereta api sepanjang 12 KM dari Stasiun Besar Kutoarjo ke arah Stasiun Purworejo, diperkirakan awalnya hanya dibangun rel saja namun seiring perkembangannya, jalur itu semakin ramai sehingga pada tanggal 20 Juli 1887 dibangunlah Stasiun Purworejo.
img_8739_resize
Tampak samping Stasiun Purworejo, terlihat papan penetapan Stasiun Purworejo sebagai Stasiun Cagar Budaya yang dilindungi oleh UU Cagar Budaya no. 11 tahun 2010.
Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada tahun 2011 ini melalukan revitalisasi Stasiun Purworejo, revitalisasi ini bertujuan untuk menyelamatkan dan melestarikan benda cagar budaya  agar menjadi bangunan yang lebih baik lagi dari segi fisik bangunan maupun dari fungsi utamanya. Dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan komersial dan wisata sejarah.
Jumat (09/12) EVP Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT. KAI Ella Ubaidi didampingi EVP DAOP 6 Yogyakarta Bambang Eko Martono dan VP DAOP 5 Purwokerto Sinung Tri Nugroho melakukan peninjauan ke Stasiun Purworejo, peninjauan ini dalam rangka melihat proses revitalisasi Stasiun Purworejo yang sudah memasuki tahap akhir.
img_8734_resize
EVP Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT. KAI Ella Ubaidi (Kanan) dan VP PT.KAI DAOP 5 PWT Sinung Tri Nugroho (Kiri) melihat kondisi salah satu ruangan di Stasiun Purworejo.
Sejumlah penggantian dan perawatan ornamen asli dilakukan, dan proses tersebut harus sesuai dengan kaidah preservasi yang sudah ada.
oornamen atap_resize
Ornamen atap Stasiun Purworejo.

ornamen pintu_resize
Pintu dan jendela yang sudah dilakukan perawatan, kedua ornamen ini merupakan ornamen asli Stasiun Purworejo
Proses revitalisasi Stasiun Purworejo yang sudah memasuki tahap akhir ini direncakanakan akan selesai pada bulan Desember 2011. Selain sebagai stasiun cagar budaya, Stasiun Purworejo juga masih tetap berfungsi layaknya Stasiun pada umumnya, di Stasiun ini melayani penjualan tiket kereta api dengan sistem online.
img_8788_resize
EVP Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT KAI Ella Ubaidi (tengah) didampingi EVP PT KAI DAOP 6 YK Bambang Eko Martono (ke empat dari kiri) dan VP PT. KAI DAOP 5 PWT  Sinung Tri Nugroho (ke empat kanan) beserta jajaran berfoto bersama di emplasemen Stasiun Purworejo.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking